The Greatest Showman dan Cerita tentang Tato


The Greatest Showman
Teman-teman ada yang sudah pernah nonton film The Greatest Showman? Film ini rilis pada tahun 2017 di Indonesia. Pada saat itu, saya langsung menontonnya di bioskop karena tertarik dengan jalan ceritanya. Bagi yang belum pernah nonton, film yang diangkat dari kisah nyata ini bercerita tentang perjalanan Barnum, seorang pria yang berimajinasi luas dalam membangun usaha uniknya. Film ini berlatarbelakang era 1860-an, sehingga imajinasi Barnum saat itu dianggap "gila", baru, dan unik.


Singkatnya, dengan mengandalkan imajinasinya yang luas, Barnum berhasil keluar dari kemiskinan dan hidup dengan makmur bersama keluarganya. Imajinasi tersebut ia tuangkan dalam usahanya, yaitu sirkus. Usaha sirkus ini yang mengubah Barnum menjadi orang terpandang di Amerika Serikat. Sirkus Barnum memiliki beberapa perfomer unik. Salah satu perfomer yang menarik perhatian saya adalah The Tattoed Man. 

Publicity image for Barnum Museum and Captain Costentenus - The Tattooed Man, as used in the film 'The Greatest Showman'. Shannon Holtzapffel in 'The Greatest Showman'. Photo by Niko Tavernise.
The Tattoed Man dalam The Greatest Showman diperankan oleh Shannon Holtzapffel

Sebenarnya, dalam film The Greatest Showman, si Pria Bertato ini tidak mengucapkan satupun dialog. Ia bahkan tidak memiliki nama, dan dikenal hanya sebagai The Tattoed Man atau Pria Bertato. Sosok pria bertato yang asli dalam Sirkus Barnu (yang asli juga ya bukan yang di film) adalah seorang pria dengan nama panggung Captain Contentenus, seorang Yunani-Albania.

An 1876 poster advertising the P. T. Barnum attraction, 'Captain Costentenus, The Greek Albanian, Tattooed from Head to Foot.'
Poster Captain Costentenus (asli) dalam PT Barnum Greatest Show tahun 1876

Tapi, yang membuat saya tertarik justru tatonya. Di tahun tersebut, ada seseorang dengan tubuh penuh tato dari ujung kepala hingga ujung kaki, menurut saya sangat luar biasa. Bagaimana bisa mereka membuat tato yang sangat banyak di tubuh mereka dengan peralatan 'ala kadarnya'? Beda cerita, apabila masa sekarang, hal tersebut sudah lumrah, karena alat-alat membuat tato sudah cukup canggih dan tato bisa didapatkan dengan mudah. Saya jadi penasaran untuk menelusuri sejarah tato di tubuh manusia.

Tatto dan Tubuh Manusia
Berbeda dengan masa kini, dimana tato adalah bentuk seni di tubuh manusia, penggunaan tato di masa lalu lebih erat kaitannya dengan budaya seseorang. Bukti tertua tato pada tubuh manusia berasal dari sekitar tahun 3370 SM - 3100 SM, yaitu pada sebuah mumi yang disebut Otzi, ditemukan pada September 1991. Mumi Otzi ditemukan di pegunungan Alpen Otztal di Austria - Italia Utara. Pada tubuh Otzi ditemukan 61 tato yang tersebar diberbagi bagian tubuh, dengan mayoritas berlokasi di sekitar kaki. Penelitian yang dilakukan menyebutkan bahwa tato di tubuh Otzi dibuat dari jelaga atau abu dari perapian. 


Mumi Otzi

Meski penemuan Otzi adalah bukti otentik tertua tato di tubuh manusia, namun catatan sejarah menunjukkan bahwa bangsa Alaska, Mongolia, Greenland, Mesir, Cina, Sudan, dan Rusia menggunakan tato di tubu mereka. Penelitian yang pernah melacak periode perkembangan tato menyebutkan bahwa tato bahkan telah digunakan sejak tahun 2100 SM.

Tato, Bagian dari Budaya Kuno
Pada awalnya, tato hanya digunakan oleh beberapa kaum dari ras tertentu. Tentu saja, dibuatnya tato di tubuh mereka karena alasan-alasan tertentu yang erat dengan jati diri mereka. Beberapa ras tertentu yang menggunakan tato antara lain:

  • Cina dan Asia

Penemuan yang dilakukan oleh peneliti menemukan bahwa beberapa mumi bertato di makam kuno.  Penelitian juga melacak bahwa mumi tersebut berasal dari tahun 500 SM, hingga bahkan 2100 SM. Rupanya, tato digunakan sebagai "simbol" dalam masyarakat Cina dan Asia. Orang-orang yang memakai tato, dianggap sebagai orang-orang bar-bar dan berstigma buruk. Literatur Cina kuno, menyebutkan bahwa tato juga digunakan untuk menandai wajah orang-orang yang melakukan tindakan kriminal. Sehingga, masyarakat dapat mengetahui bahwa orang tersebut pernah melakukan tindakan kriminal, berbahaya, dan tidak dapat dipercaya. Namun, tidak hanya itu, pahlawan atau ksatria Cina dan Asia di masa lalu juga kerap menggambar tato di kulit tubuh mereka. Terlihat, bagi masyarakat Cina dan Asia sendiri, tato digunakan oleh orang jahat maupun orang baik.
A history of Chinese tattoos and Chinese tattooing traditions
  • Mesir
Ada beberapa penemuan mumi bertato di Mesir, yang menandakan bahwa masyarakat Mesir kuno juga melakukan praktik pembuatan Tato, kira-kira sejak 2000 SM. Uniknya, berbeda dengan masyarakat Cina dan Asia, tato di Mesir digunakan untuk peerawatan medis. Dari penelitian, diperkirakan bahwa tato digunakan untuk menyembuhkan penyakit panggul. Uniknya lagi, penemuan ini juga menemukan bahwa tato hanya ditemukan pada mumi wanita saja.
Ten Things You Didn't Know About Egyptian Cat With Wings Meaning ...
Tato modern Mesir


  • Samoa
Seringkali kita melihat bahwa orang-orang dengan wajah polynesia memiliki banyak tato di tubuhnya. Rupanya, mentato tubuh merupakan salah satu budaya sosial orang-orang polynesia yang ada di Samoa, dan telah dilakukan selama beribu-ribu tahun lamanya. Kata "tato" dalam bahasa indonesia, dan "tatto" dalam bahasa inggris, disinyalir merupakan kata serapan dari bahasa samoa, yaitu "tatau". Tradisi memberi dan menerima tato merupakan tradisi turun-temurun dalam keluarga masyarakat Samoa.  Tato dibuat sendiri oleh anggota keluarga yang lebih tua, dengan menggunakan alat buatan sendiri. Nah, alat untuk membuat tato ini terbuat dari cangkang kura-kura dan taring babi hutan. Upacara tradisi pemberian tato ini diberikan kepada pemuda-pemudi Samoa sebagai tanda bahwa mereka telah dewasa dan siap menjadi pemimpin masyarakat Samoa. Karena pembuatan tato dengan cara tradisional, maka rasa sakitnya sangat sakit dan tidak tertahankan bagi beberapa orang. Sayangnya, bagi mereka yang tidak mampu menahan rasa sakitnya, dicap gagal oleh masyarakat dan tetua dengan membubuhkan tanda malu di kulit mereka yang akan melekat selamanya.
Samoan tattoo | ... navigation samoan traditional tattoo 2 samoan ...
Tato tradisional orang Samoa


  • Yunani dan Romawi Kuno
Menurut catatan sejarah, rupanya masyarakat Yunani dan Romawi telah mengenal tato sejak abad ke-5 SM. Di Yunani, tato digunakan untuk menandai orang "buruk" dalam masyarakat, misalnya kriminal, tahanan perang, dan budak. Sedikit berbeda dengan Yunani, di Romawi, para tentara memiliki tato di lengan mereka. Selain itu, budak juga memiliki tato, dimana tato tersebut merupakan penanda bahwa budak tersebut telah membayar pajak.
Greek Tattoos Design Ideas Pictures Gallery
Ilustrasi tato orang Yunani
Ancient Roman Temporary Tattoo Sticker - OhMyTat
Ilustrasi tato orang Romawi

Tato dan Budaya Populer
Stigma buruk tentang orang bertato rupanya telah berlangsung sejak dulu. Sebelum memasuki abad ke-20-pun, orang bertato seringkali dipandang sebagai pribadi yang atraktif dan menarik perhatian. Adapun perkembangan tato dalam budaya populer yang terjadi sebelum abad ke-20, paling terlihat perkembangannya dalam bidang entertainment. Kita tahu bahwa ada banyak entertainer yang memiliki tato sebagai tanda kebebasan dan ekspresi seni. Misalnya performance PT. Barnum Circus yang telah dibahas diatas, selain itu ada juga beberapa entertainer di periode waktu serupa yang terkenal dan memiliki tato, yaitu:
  • John O'Reilley 
Nah selain Captain Costentenus di Barnum Circus, ada juga performance sirkus terkenal dengan tato disekujur tubuhnya, pria ini bernama John O'Reiley. Dia dikenal dengan julukan "Tatoed Irishmen". Banyak orang yang terpukau dan takjub dengan tato-tato yang menutupi kulit tubunya. Ia populer pada era 1800-an. Sayangnya, meski mereka terpukau dengan tato O'Reiley, namun stigma kebanyakan orang terhadapnya buruk. Dalam informasi yang dirilis pada 22 Februari 1887, menyebutkan bahwa tato yang dimiliki O'Reiley seharusnya disembunyikan saja, sebab tato tersebut merupakan tanda orang bar-bar.
John O'Reiley, The Tatoed Man
(Sumber gambar: https://authoritytattoo.com/history-of-tattoos/)

Setelah itu, popularitas tato meningkat dalam masyarakat. Di era 1940-an, tato identik dengan pelaut. Dari era tersebut, banyak pelaut digambarkan memiliki tato. Bersamaan dengan perkembangan industri hiburan Hollywood, tato kemudian kian populer ketika banyak aktris dan aktor Hollywood memiliki tato yang menunjukkan image kuat dan "bad boy". Terutama saat tahun 1970-an, gerakan perdamaian sedang marak-maraknya, dan banyak pula selebriti ternama AS ikut menyuarakan perdamaian. Tato simbol perdamaian semakin populer dan membuat banyak orang ingin memilikinya.
Sailor Tattoo Stock Pictures, Royalty-free Photos & Images - Getty ...

Ilustrasi tato pelaut/Sailor's tattoo (Sumber gambar: https://www.gettyimages.com/photos/sailor-tattoo)
36 Attractive Peace Wrist Tattoos
Ilustrasi tato simbol perdamaian yang populer di tahun 1970-an (Sumber gambar: http://www.wristtattoopictures.com/36-attractive-peace-wrist-tattoos/)

Perkembangan tato menyebabkan banyaknya lapisan masyarakat yang menggunakan tato pada saat ini. Terlepas dari latarbelakang status, pekerjaan, atau identitas lain yang melekat, masyarakat modern memandang tato sebagai sebuah karya seni dan bentuk apresiasi terhadap hal-hal yang mereka anggap penting.



Tulisan ini bersumber dari:
History of Tattoos




Komentar

Postingan Populer